Warta sekolah

Tidak biasa, Munaqosah mandiri di sekolah saat pandemic

April 4, 2021

Pada akhir pekan lalu (3/4) SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (Spemma) menggelar acara munaqosah untuk para siswa. Munaqosah yang biasa digelar secara bersama dengan sekolah Muhammadiyah yang lain, kali ini dilakukan secara mandiri di sekolah. Kegiatan ini juga disiarkan secara live melalui aplikasi Zoom dan Youtube.

Kegiatan munaqosah yang diadakan tiap tahun tujuannya untuk menguji hafalan Al-Quran siswa. Sebagai sekolah Islam, Spemma menjadikan acara ini sebagai semangat para siswa untuk menghafal Al-Quran.

Dalam ujian kali ini, para siswa diuji sebanyak 5 juz, yaitu juz 1, 27, 28, 29, dan 30. Peserta munaqosah berasal dari kelas VII, VIII dan IX.

“Siswa yang kita diuji dalam munaqosah kali ini ialah siswa yang memiliki banyak hafalan juz di Al-Quran” ujar penanggung jawab program Tahfidz Khusnun Ni’am.

Satu per satu siswa masuk ke dalam ruang untuk diuji dengan durasi yang sudah ditentukan selama 10 menit. Saat itulah kemampuan mereka diuji dengan dua tes, yakni melanjutkan ayat yang dibaca oleh penguji atau mereka diminta untuk melantunkan ayat Al-Quran.

“sengaja kami mengadakan munaqosah mandiri, karena untuk pencegahan terpaparnya covid, yang biasanya kegiatan ini dilakukan bersamaan sekolah lain, kami mengadakannya di sekolah kami” tambahnya.

Kepala Spemma Surabaya, Drs. Alim M.Pdi berharap, dengan adanya kegiatan munaqosah ini, anak-anak tidak hanya menghafal setiap ayat yang ada di dalam Al-Quran, namun mengetahui artinya sehingga dapat diaplikasikan untuk kehidupannya.

“Saya harap anak-anak dapat mengetahui arti setiap ayatnya, supaya mereka dapat mengamalkan dan menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia,” tambahnya.

_PRINT