Spemma Adakan Tes Psikologi untuk Deteksi Minat dan Kecerdasan Siswa

Tim guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya (Spemma) mengadakan tes psikologi kepada siswa, Selasa (25/9/2018). Tes ini untuk mendeteksi bakat minat, kecerdasan, dan kepribadian.

Untuk psikotes ini bekerja sama dengan Biro Psikologi Aditama Psikocare. Tes mulai pukul 7.30 pagi hingga 10.30 siang diikuti seluruh siswa kelas VII (120 siswa) dan kelas IX (198 siswa).

“Sudah dua tahun ini tes psikologi melibatkan seluruh kelas VII,” kata Sumeru Tatsianna SPsi, guru BK. Dia mengatakan, tes psikologi sebagai deteksi awal dan acuan atas semua informasi anak bila terjadi permasalahan di sekolah.

”Melalui gambar dapat diketahui hubungan anak dengan orang tua dan karakteristiknya,” kata Nana, panggilan akrab Sumeru Tatsianna. Menurutnya, ekspresi perilaku siswa di sekolah tecermin dari pola asuh anak atau latar belakang orang tuanya.

”Tes peminatan ditambahkan untuk siswa kelas IX yang dapat digunakan sebagai acuan memilih  pendidikan ke jenjang berikutnya,” jelas Harni Rajab SPsi, guru BK lainnya.

Melalui tes psikologis ini juga dapat diketahui level kecerdasan siswa. Tes kecerdasan dapat diketahui melalui tes binet berupa tes visual, tes abstrak, dan tes yang berkaitan dengan angka.

Tes kecerdasan digabungkan dengan tes Intelligence Quotient (IQ) yang diperoleh siswa. “Bila ada siswa tingkat kecerdasannya rendah tetapi IQ di atas normal dapat menjadi acuan siswa untuk dikembangkan kecerdasannya.  ”Kecerdasan siswa usia SMP masih dapat dikembangkan lagi,” ujar Nana. (Firman)

Leave a comment

×
Assalamualaikum
Ada yang bisa SPEMMA bantu?