Peringati hari Guru, Spemma menerbitkan 2 karya buku.

Dalam rangka meningkatkan kualitas guru, Sabtu 19 September 2020 yang lalu, SMP Muhammadiyah 5 Surabaya mengadakan pelatihan menulis artikel dengan tema “Meningkatkan Karya Literasi di Masa Pandemi” pelatihan yang berlangsung selama dua sesi tersebut (tanggal 19 dan 26 September 2020) mendatangkan seorang narasumber peraih penghargaan guru berprestasi tingkat nasional 2015 yaitu Drs. Najib Sulhan M.A.

Narasumber yang telah menerbitkan buku ke 50 tersebut berbagi cerita, berbagi pengalaman dengan guru di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya bahwasanya menulis adalah sesuatu yang gampang dan sangat mudah. “Bapak ibu, sebenarnya menulis itu gampang dan mudah. Mungkin yang selama ini menjadi kendala bagi kita semua adalah merasa tidak punya waktu. Sebenarnya bukan tidak punya waktu, yang lebih tepat mungkin karena kita kurang bisa mengatur waktu dengan baik.” Kata pria yang biasa disapa Najib tersebut.

Di akhir presentasi materi, Najib memberikan waktu kepada seluruh peserta pelatihan untuk berupaya membuat tulisan dan menuangkan semua ide-ide yang ada dalam pikiran masing-masing peserta. Dari waktu yang telah disediakan, hampir semua peserta telah menulis artikel bertema menjadi guru ideal dan terkumpul hamper 100 halaman, dan rencana setelah melalui proses editing, akan diterbitkan menjadi sebuah buku dalam waktu dekat.

Dua buku yang menjadi hasil karya guru SMP Muhammadiyah 5 Surabaya berjudul “Guru Ideal di Era Mileneal” dan “Bangga menjadi Guru Muhammadiyah”. Buku tersebut telah diterbitkan tiga hari setelah pelatihan kepenulisan. Buku yang diterbikan ini akan ditempatkan di rak buku siswa yang ada di setiap ruang kelas. Untuk mendukung program literasi, para siswa membaca buku setiap hari selasa dan kamis sebelum pembelajaran dimulai.

Salah satu guru olahraga, Dhelila Eka mengungkapkan bahwa dengan mengikuti pelatihan menulis mampu membuat imajinasi yang ada di pikiran menjadi berkembang Ketika dituangkan kedalam tulisan.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 5 berahap bahwa guru-guru dapat memberikan karya meskipun melalui tulisan. “Dengan adanya Pelatihan menulis Artikel, saya berharap guru di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dapat terus berkarya melalui tulisan,” tuturnya.



Dipublikasikan di https://spemma.sch.id/index.php?p=news&action=shownews&pid=66 pada tanggal 29 November 2020