Baitul Darul Arqom SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Mulai Sholat Wajib, Sholat Jenazah, Sholat Tahajud, Hingga Praktik Manasik Haji

“Kegiatan ini sangat penting untuk kalian ikuti karena akan menjadi bekal untuk menjalani Ramadhan yang lebih baik dari tahun kemarin. Harapannya, kalian semua menyimak dengan baik setiap materi dan nantinya dapat dipratekkan,” pesan Drs. Alim, M.Pd.I selaku tutur Kepala Spemma.


“Tiap jenjangnya memiliki menu-menu kegiatan pembinaan yang berbeda-beda dan semuanya dilaksanakan di sekolah,” ujar Arlia Intan NIlamsari selaku Ketua Panitia Baitul Darul Arqom. Dia menambahkan tujuan kegiatan itu dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seluruh peserta didik Spemma. Guru yang juga mengajar mata pelajaran IPA itu menuturkan bahwa tahun ini selama dua hari, seluruh peserta didik dimulai pembukaan lalu makan malam bersama dan dilanjutkan sholat magrib serta isya berjamah. Kemudian pukul 3 pagi seluruh peserta didik dibangunkan untuk sholat tahajud bersama-sama.


Untuk peserta didik kelas VII yang berjumlah hyampir 200-an dibekali materi mengenai sholat mujlai dari tata cara gerakannya, bacaan-bacaannya, manfaatnya, hingga tumbuh rasa belajar mencintai sholat. Kelas VIII dibekali materi mengenai praktek sholat jenazah, mulai dari cara mengkhafani hingga menyolatkan jenazah sesuai tuntunan yang telah diajarkan Rasullullah SAW. Para peserta didik kelas VIII dibagi beberapa kelompok dan secara bergantian dalam mempratekkan sholat jenazah dan doa-doanya. “Khusus 165 peserta didik kelas IX diberikan praktek tata cara pelaksanaan ibadah manasik haji,” ujar ibu ketua panitia berkacamata itu. Kepala Spemma menambahkan bahwa remaja muslim harus belajar melatih diri untuk hidup disiplin dan belajar menyempurnakan rukun Islam yaitu Haji melalui kegiatan kali ini.
Salah satu siswi kelas VII-C yaitu Allya Previa Aldha mengatakan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini yang kali pertama diikuti. Cewek berkacamata itu mengatakan kegiatan semacam ini belum pernah dilakukan ketika ia di Sekolah Dasar. "Saya dapat meningkatkan kualitas ibadah dan dapat praktek manasik haji,” ungkap Bagas Andrihastama Bakhriansyah siswa kelas IX-C ketika ditanya kesannya mengikuti kegiatan ini. Ia sangat antusias dalam mengikuti setiap kegiatan darul arqom kali ini dan berharap kadar iman dan taqwa semakin meningkat.

Begitu pula Aretha Salsabila yang merupakan siswi kelas VIII-A mengatakan semoga dengan dilatihkannya praktek sholat jenazah mulai dari cara mengkhafani hingga tata cara mensholatkan jenazah dapat bermanfaat bagi pribadi, keluarga, dan lingkungan. “Mulai sekarang pengetahuan yang saya dapat kali ini dapat dimanfaatkan bila nanti ada saudara atau teman atau tetangga yang meninggal dunia,” terang Shahnaz Fatharani siswi yang hobi membaca novel dan nyanyi itu. (Alimmatus Firmansyah, S.Pd.)



Dipublikasikan di https://spemma.sch.id/index.php?p=news&action=shownews&pid=61 pada tanggal 5 Maret 2020