Peringati Maulid Nabi, Siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Berbagi dengan Veteran

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, siswa SMP Muhammadiyah 5 (SPEMMA) Pucang Surabaya, menggelar aksi sosial dengan berbagi bersama pejuang veteran dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Surabaya, Rabu (27/9/2023). 

Menariknya, uang untuk berbagi tersebut merupakan uang sedekah Raseda (Rabu Sedekah Dua Ribu) yang dikumpulkan 600 siswa setiap hari Rabu.

Kepala Urusan Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) SPEMMA, Syafi’ur Rohman, mengatakan, sebagai bentuk kepedulian dan membangkitkan rasa syukur, ratusan siswa SPEMMA Surabaya melestarikan tradisi berbagi kepada sesama, terutama kepada para pejuang veteran di wilayah Kota Surabaya.

“Sebanyak 20 pejuang veteran kami hadirkan di sekolah dan diberikan bantuan berupa uang tunai dan sembako yang diserahkan langsung oleh siswa,” ujar Syafi’ur Rohman.

Syafi’ menjelaskan, dana bantuan yang disalurkan kepada pejuang veteran ini murni berasal dari uang saku sebanyak 600 siswa mulai kelas 7 hingga 9 melalui Raseda atau Rabu Sedekah Dua Ribu yang terkumpul dalam tiga bulan terakhir.

Melalui kegiatan ini, lanjut Syafi’, diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air pada siswa dengan menikmati Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan para pejuang veteran.

“Selain itu, juga menekankan pentingnya berbagi kepada sesama, serta membentuk pendidikan karakter dan penguatan akhlak kepada para siswa,” tegasnya.

“Penyaluran bantuan ini dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Maulid Nabi Muhammad SAW di SPEMMA yang digelar di masjid sekolah,” jelas Guru Teknik Informasi dan Komputer (TIK) itu.

Wakil Ketua Cabang Veteran Surabaya, Gitojo, mengaku terharu dan senang dengan semangat dan kepedulian yang dilakukan siswa SPEMMA Surabaya.

Pejuang veteran mengaku setiap bulan melakukan sosialisasi dan membekali siswa di Surabaya dengan jiwa dan semangat nilai 45 untuk meneruskan perjuangan pahlawan melalui semangat belajar dan mencintai Tanah Air.

“Saya sangat terharu sekali dan bisa meneteskan air mata. Karena apa? Karena siswa ini adalah cicit saya. Kami veteran Surabaya ini selalu membekali siswa-siswa SD dan SMP seluruh Surabaya untuk mencintai tanah air. Bahwa negara kita ini terbentuk dan merdeka karena mengusir penjajah dan dilakukan para pejuang,” pungkas Gitojo.



Dipublikasikan di https://spemma.sch.id/index.php?p=news&action=shownews&pid=127 pada tanggal 28 September 2023