Liputan Media

Usir Jenuh, Siswa Spemma Kunjungi Wisata Luar Kota dalam Kegiatan Tengah Semester

March 30, 2022
Usir Jenuh, Siswa Spemma Kunjungi Wisata Luar Kota dalam Kegiatan Tengah Semester

Lamanya pembelajaran daring selama sekitar dua tahun membuat para siswa merasa jenuh. Tak terkecuali siswa SMP.

 

Pembelajaran untuk siswa tingkat ini membutuhkan sistem pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya dengan kegiatan tengah semester (KTS) yang dilaksanakan di luar sekolah.

 

Karena itu, Selasa (29/3/2022) SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (Spemma) memberangkatkan seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX ke tiga tempat yang masing-masing menjadi tujuan per jenjang kelas. Tiga tempat tujuan adalah The Survival Outbound Team KTS siswa kelas VII, Agro Mulya KTS siswa kelas VIII, dan Jatim Park I KTS kelas IX.

 

Sebagaimana diketahui, kegiatan tengah semester yang dilaksanakan di luar kelas merupakan metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas atau di luar sekolah seperti kebun,taman, sawah, dan alam sekitar.

Tujuan dari kegiatan tengah semester menginginkan para siswa terlibat langsung dengan alam sehingga mereka mendapat pengalaman yang menantang supaya lebih akrab dengan lingkungan dan masyarakat.

 

Kesan baik itulah yang dirasakan para siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (Spemma). Salah satunya Rizka Pratiwi.

 

Siswa kelas VII itu mengaku sangat menikmati kegiatan KTS yang dilakukan di luar kota ini. Rizka “Saya sungguh sangat bahagia mengikuti KTS ini,” ujarnya.

 

“Kesan terbaik dari KTS ini sebenarnya bagi saya sewaktu di bus, ya, karena kangen banget lama gak naik bis sekelas bareng nyanyi-nyani, karaoke, berbagi makanan,” imbuh salah satu murid dari kelas internasional yang hobinya menari itu kepada kontributor KLIKMU.CO.

 

Dia mengatakan senang rasanya di tengah pandemi masih bisa menjaga protokol dengan baik namun dapat berkumpul dengan bahagia. Setelah dua tahun lebih penantian untuk KTS luar kota akhirnya terwujud.

 

“Seneng banget pastinya. Ini KTS terseru yang pernah saya rasain, meskipun ada beberapa hal yang kurang,” ujarnya.

 

Guru juga turut andil dalam KTS ini. Dengan adanya KTS membuat hubungan guru mudah menjalin keakraban dengan siswa. Meskipun demikian, guru tidak lupa untuk selalu mengawasi para siswa selama kegiatan berlangsung.

_PRINT