Liputan Media

Spemma Kembali Galakkan Qumil Lail secara Daring dan Bergiliran

September 15, 2021
Spemma Kembali Galakkan Qumil Lail secara Daring dan Bergiliran

Setelah tahun lalu vakum, Spemma (SMP Muhammadiyah 5 Surabaya) kembali menggalakkan Qumil Lail. Kegiatan shalat malam yang dirancang khusus oleh tim Ismuba (singkatan dari Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) Spemma digelar setiap satu tahun sekali.

 

Kegiatan Qumil Lail diikuti oleh seluruh siswa serta wali murid, guru, dan karyawan Spemma tiap Sabtu pada September 2021. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai tanggal 4 September 2021 yang diikuti oleh siswa kelas 7, tanggal 11 September 2021 diikuti oleh siswa kelas 8, dan yang terakhir tanggal 18 September yang diikuti oleh siswa kelas 9.

 

“Kegiatan Qumil Lail salah satu kegiatan utama yang biasanya dilakukan tatap muka di sekolah. Namun, dengan kondisi yang tidak memungkinkan seperti ini, kami mengemasnya dengan sedikit berbeda. Kegiatan ini dikemas dengan konsep daring,” kata Masduki SPd, ketua pelaksana kegiatan.

 

Aktivitas selama kegiatan Qumil Lail ialah membaca bacaan shalat (sesuai bacaan yang telah ditetapkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah), tadarus, dialog interaktif, dan yang terakhir shalat malam yang dilakukan secara berjamaah.

Menurut Masduki, para siswa diharapkan melaksanakan ibadah shalat malam berjamaah dengan orang tua. Ini guna merekatkan hubungan anak dan orang tua sehingga dapat menjadi keluarga yang dirindu surga, sesuai tema dalam kegiatan Qumil Lail kali ini.

Masduki mengatakan, kegiatan yang biasanya mendatangkan anak-anak ke sekolah dialihkan dengan bantuan meeting room by Zoom. Tidak hanya itu, kegiatan ini mendatangkan para kader Muhammadiyah yang telah dikenal oleh masyarakat Muhammadiyah di Surabaya.

 

“Kita mengundang kader Muhammadiyah sebagai pemateri dalam dialog interaktif yang menjadi salah satu inti acara dalam kegiatan Qumil Lail. Dengan itu anak-anak akan mengetahui banyak hal mengenai bagaimana menjadikan suatu keluarga yang dirindu surga,” tambah Masduki.

 

Sementara itu, Kepala SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Drs H. Alim MPdi berharap, dengan adanya kegiatan ini, anak-anak menjadi lebih sering melakukan kegiatan shalat malam di rumah bersama keluarga.

 

“Seperti pada tema, keluarga yang dirindu surga, ialah keluarga yang mengajak keluarganya melakukan kebaikan bersama-sama dan salah satunya shalat malam. Kami berharap anak-anak dapat mengamalkan secara kontinu,” ujar Alim. (Ida Ayu Mayangsari/AS)

 

 

_PRINT