Prestasi Non Akademik

Keren! Siswa 12 tahun ini sudah memborong juara hingga tingkat Internasional.

November 27, 2020
Keren! Siswa 12 tahun ini sudah memborong juara hingga tingkat Internasional.

Wushu telah mengubah hidupnya, adalah Zakkiyah An Nafisa siswi kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Surabaya yang berhasil mencapai prestasi yang gemilang. Putri dari pasangan Achmad Zaini Toichah dan Aida Puspita ini sukses menjuarai lomba wushu dari tingkat kabupaten hingga tingkat internasional.

Semua bermula ketika Zakkiyah kecil yang saat itu duduk di bangku kelas 3 SD mengenal wushu dari saudaranya. Zakkiyah tertarik dengan berbagai gerakan yang ada di Wushu hingga terobsesi menjadi seorang atlet. Ia pun bergabung dengan Sasana Wushu Lima Naga Surabaya dan berlatih sebanyak 4 hingga 5 kali dalam seminggu.


Kedua orang tua Zakkiyah juga sangat mendukung kiprah Zakkiyah di kancah wushu. Dukungan dari orang tua Zakkiyah adalah selalu mengantarkan sang anak yntuk berlatih dan menunggunya hingga selesai latihan. Berkat dukungan itu Zakkiyah semakin bersemangat untuk meraih prestasi. Hasilnya berbagai gelar juara dari macam macam kompetisi berhasil disabet oleh gadis yang kini berumur 13 tahun itu.

Delapan kompetisi bergengsi itu diantaranya Juara 3 Porprov jatim (2018) di Lamongan, Juara 2 dan Juara 3 Kejurprov jatim (2018) di Kenjeran. 3 emas di 3 nomor kategori jurus di perlombaan pelajar dan mahasiswa tingkat nasional (2019). Mendapatkan 2 perak di kejuaraan internasional wushu competition (2019). Juara 3 kejuaraan wushu daerah antar pelajar piala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang (2019). 5 emas di kejuaraan nasional AKTI (Aliansi Kungfu Traditional Indonesia) (2019). Juara 2 kejurda AKTI (online), dan terakhir juara 2 Online Wushu Competition Tingkat nasional (2020).

Setelah lulus dari bangku sekolah dasar, Zakkiyah memilih melanjutkan studinya di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya karena menurutnya, di sekolah ini Zakkiyah dapat mengembangkan bakatnya di bidang wushu dengan mendapatkan berbagai fasilitas di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya hingga mewujudkan cita-citanya menjadi atlet wushu professional.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 5 Surabaya juga sanggup dengan memberikan wadah pengembangan kepada siswa-siswinya agar dapat seimbang dalam kegiatan akademik dan berprestasi di bidang non akademik. Salah satunya adalah Wushu. (Mayang)

Berita ini juga dapat dilihat di https://klikmu.co/siswi-smp-ini-sudah-8-kali-juara-wushu-hingga-tingkat-internasional/

_PRINT