Liputan Media

Ujian dengan Gawai, Nilai Siswa Langsung Diketahui Sehari Setelahnya

February 27, 2020
Ujian dengan Gawai, Nilai Siswa Langsung Diketahui Sehari Setelahnya

Inilah yang dilakukan SMP Muhmmadiyah 5 Surabaya (Spemma) dalam kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) kelas VII dan VIII serta Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas IX tahun ini. Penggunaan gawai sebagai sarana untuk kegiatan PTS dan PAT memungkinkan proses evaluasi hasil belajar lebih efektif.

“Tahun ajaran kali ini seluruh peserta didik Spemma menggunakan gawai untuk mengerjakan soal-soal PTS atau PAT. Langkah ini dilakukan dalam menjawab tantangan era teknologi 4.0 yang semakin berkembang,” kata Alim, M.Pd.I, selaku Kepala SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.


Sebelum PTS dan PAS Online ini berlangsung mulai Senin-Sabtu (24-29/2), kegiatan tersebut telah diujicobakan selama dua kali untuk kelancaran peserta didik dalam mengerjakan soal.Fasilitas yang digunakan untuk pelaksanaan ujian kali ini menggunakan platform google form dan dilaksanakan di ruang kelas. Sebelumnya guru-guru juga telah dilatih dalam pembuatan soal menggunakan google form melalui pelatihan. Tipe soal yang diujikan dalam bentuk pilihan ganda.


Mekanisme pelaksanaan PTS dan PAT ini dilakukan dengan peran pengawas ruangan memastikan seluruh peserta didik masuk ke halaman ujian di laman spemma.sch.id lalu memberi token atau password mengerjakan soal ujian online. Langkah berikutnya, memastikan seluruh peserta didik untuk mengklik tanda SUBMIT pada soal ujian dan mengembalikan gawai peserta didik ke ruangan pengawas, seperti halnya sebelum ujian dimulai. Seusai pelaksanaan ujian, barulah gawainya dikembalikan kepada semua peserta didik.


Dengan sistem seperti ini, nilai PTS dan PAT yang dikerjakan siswa juga lebih cepat diketahui hasilnya. “Nilai PTS dan PAT langsung diumumkan sehari setelah pelaksaan ujian tiap mapelnya,” terang Rusdian Agustifani, Ketua Panitia yang bertugas sebagai guru Bahasa Inggris di Spemma. Hal itu berbeda dengan pelaksanaan PTS dan PAT tahun lalu yang evaluasi dilakukan oleh guru masing-masing mata pelajaran dengan waktu yang lebih lama.(Alimmatus Firmansyah, S.Pd.)

_PRINT