Liputan Media

Dengan Pembelajaran Berbasis Android, Guru-Guru Bisa Lakukan Evaluasi Lebih Cepat

January 21, 2020
Dengan Pembelajaran Berbasis Android, Guru-Guru Bisa Lakukan Evaluasi Lebih Cepat

Workshop yang dibuka oleh Ketua Cabang Muhammadiyah Ngagel H Ah. Zaini MPd ini lebih spesifik melatih guru-guru Spemma untuk mengenal penggunaan Google drive dan Google form yang bisa diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari.

Misalnya, penggunaan Google form sebagai kuis, perancangan dan pembuatan soal online dengan Google form, penggunaan Add-on atau pengaya di Google form, penggunaan shorten link (QR code), dan pengolahan data jawaban kuis (excel).

Dengan menghadirkan pemateri dari trainer Ikatan Guru Indonesia (IGI), yaitu Bagus Sumantri SSi, workshop yang dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore ini diikuti seluruh guru Spemma. Mereka tampak sangat antusias.

“Enak ya, dengan Google form soal-soal yang digunakan untuk penilaian harian dan penilaian tengah semester tidak akan hilang dan terinfeksi virus seperti halnya bila disimpan di laptop atau flashdisk,” ujar salah satu peserta di tengah-tengah praktik dalam workshop tersebut.

Menurut kepala SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Drs Alim MPdI, materi workshop yang diberikan ini sangat penting. “Agar kemampuan pengajar dalam membuat dan mengolah evaluasi pembelajaran lebih cepat sehingga meringankan kerja guru dalam evaluasi pembelajaran,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Alim juga berpesan kepada guru-guru agar lebih semangat dalam menjawab tantangan perubahan arah pembelajaran generasi alfa. “Peningkatan kualitas guru terus dilakukan SMP Muhammadiyah 5 Surabaya untuk menjaga kualitas layanan pendidikan yang lebih baik,” tuturnya.

Seusai workshop, diharapkan guru-guru SMP Muhammadiyah 5 Surabaya mampu menerapkan hasil pelatihannya dengan membuat evaluasi pembelajaran dimulai dari penilaian harian dan penilaian tengah semester menggunakan Google form.

_PRINT