Ikuti LDKS Siswa Diajak Mengenal Kehidupan Masyarakat

Sebanyak 107 siswa SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya (Spemma) mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di Pacet, Jumat-Ahad (9-11/11/2018).

”Melalui LDKS ini beberapa siswa yang tergabung dalam organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di Spemma dibina mental spiritualnya untuk menjadi pemimpin,” kata Zaenal Zulkarnaen SPd, ketua panitia LDKS tahun ini.

Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok didampingi senior mereka sebagai penanggung jawab kelompok. Setelah shalat Magrib berjamaah, peserta diberikan tes awal.

Selama kegiatan, ada apel malam yang dimulai pukul 21.00 hingga pukul 22.00. Mereka harus sudah bagun pukul 3 persiapan shalat Subuh.

Materi yang diberikan meliputi leadership, public speaking, akidah kepemimpinan, outbound, dan sosiologi terapan.  Setelah penyampaian materi sosiologi terapan, para peserta diajak mengenal berbagai usaha yang dilakukan masyarakat.

Mereka  wawancara dengan masyarakat sekitar lokasi acara untuk memperoleh informasi usaha. Masyarakat Pacet setempat memiliki banyak usaha seperti produksi meubel, keripik, pembibitan tanaman, dan pengolahan sampah.

Setelah itu, para peserta membuat laporan dan presentasi temuannya  di depan para pemateri dan peserta lainnya.

”Harapan pelajaran ini, para siswa tumbuh dan berkembang rasa peduli sosialnya terutama dengan masyarakat sekitar,” ujar Zaenal Zulkarnaen. (Firman)

Leave a comment

×
Assalamualaikum
Ada yang bisa SPEMMA bantu?