Buatlah Kegiatan untuk Mengurangi Anak Bermain HP

SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya mengadakan kajian Islami tentang bijak menggunakan media sosial dilanjutkan shalat tahajud dan Subuh berjamaah di Masjid Salahudin, Sabtu-Ahad (26-27/1/2019). Acara ini diikuti siswa putra kelas 9.

Hadir sebagai pembicara Ustadzah Amilatul Husna, dosen ITS. Dia menjelaskan, internet memberikan banyak kemudahan dalam mengakses informasi. Tapi juga ada dampak buruknya.

”Internet yang seharusnya bisa memberikan banyak kemudahan untuk mengakses informasi, malah membuat remaja menjadi malas karena terlalu sibuk dengan aktivitas sosial media. Misalnya, update status, stalking, selfie, game,” katanya.

Dia sarankan, gunakan media sosial lebih bijak lagi agar lebih banyak mendapat informasi daripada sekadar main game dan selfie.

”Salah satu cara mengendalikan diri menggunakan sosmed ialah mencari kegiatan yang lebih bermanfaat sehingga mengurangi intensitas mengunjungi media sosial,” ujarnya.

Semakin sibuk Anda, sambung dia, semakin tidak ada waktu banyak terpaku pada sosial media. ”Coba alihkan perhatian Anda pada olahraga atau kumpul bersama orang-orang terdekat,” tandasnya.

Sementara Kepala Sekolah Drs Muslikhan MAg mengatakan, kegiatan ini untuk membangun moral siswa supaya bijak memanfaatkan media sosial. ”Sebab anak di era millenial ini lebih banyak mengunakan handphone untuk bermain game dari pada untuk membaca,” katanya.

Kaur Ismuba Ustadz Gufron menyampaikan, acara ini akan dilakukan berkelanjutan digilir pesertanya dari kelas 7, dilanjut kelas 9, terakhir kelas 8.

”Acara kajian Islami ini dimulai Sabtu pukul 19.30 sampai dengan Ahad pukul 09.30. Kegiatan diawali dengan shalat Magrib, mengaji, shalat Isya, kajian keislaman bijak bersosmed, shalat tahajud, dzikir dan terakhir shalat Subuh. Setelah itu pulang,” katanya. (Choir)

×
Assalamualaikum
Ada yang bisa SPEMMA bantu?