Home Berita warta Sekolah Dengan Aplikasi Ini, Anak Zaman Now Gampang Jadi Komikus

Menjadi komikus di zaman now ternyata gampang. Perangkat teknologi sangat membantu. Dengan satu aplikasi Comic Life jadilah komik yang dikehendaki. Itu yang dicoba siswa SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya (Spemma).

Mereka membuat komik pelajaran sistem reproduksi manusia. Ini materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IX semester gasal yang berisi istilah-istilah reproduksi yang sangat tabu disebut.

”Umumnya siswa belajar IPA dengan membaca buku teks menghafal banyak istilah. Sangat membosankan,” kata Alimmatus Firmansyah SPd, guru IPA. Sebanyak 28 siswa kelas IX-A berkreasi dengan memvisualkan pelajaran reproduksi manusia lewat komik. Para siswa ini dibagi menjadi enam kelompok. Masing-masing membuat versi komik sesuai selera mereka.

uru memandu cara install aplikasi pembuat komik Comic Life di laptop siswa. Lalu muncul tahapan pembuatan komik yang baik. Menentukan nama dan gambar tokoh, penentuan karakter atau sifat tokoh, alur cerita yang menarik sesuai topik-topik dalam materi sistem reproduksi manusia.

Misalnya pembelahan sel, struktur dan fungsi organ reproduksi manusia, siklus menstruasi, ovogenesis dan spermatogenesis, fertilisasi dan kehamilan, jenis-jenis penyakit sistem reproduksi manusia beserta upaya pencegahannya.  

Komik itu digarap selama tiga pekan. Lalu tiap-tiap kelompok menunjukkan ke guru untuk direvisi dari segi alur cerita, pemilihan gambar tokoh, hingga pemilihan background komiknya.

”Faktor penilaian terpenting terletak pada kebenaran konsep yang diperoleh siswa dari berbagai sumber dan dituangkan dalam bentuk komik,” kata  Alimmatus Firmansyah yang mengajar sejak 2008.

Setelah disempurnakan jadilah karya imajniasi kreatif yang dibuat siswa. Karya komik itu di-upload di laman blog https://biologiipasmp.blogspot.com/2019/03/komik-sistem-reproduksi-manusia-buatan.html atau https://firmanbiologi.wordpress.com/2019/03/26/6-komik-sistem-reproduksi-manusia-karya-siswa-smp/ agar dapat dimanfaatkan untuk belajar sistem reproduksi manusia. (Firman)