Home Berita warta Sekolah Di Sekolah Ini Para Pelajar Negeri Ginseng akan belajar Budaya Indonesia

SMP Muhammadiyah 5 (Spemma) Pucang Surabaya melakukan pertukaran pelajar dengan Daejeo Mid/High School Busan Metropolitan City Republic Of Korea. Pada saat upacara para siswa korea mengenalkan namanya satu persatu didepan seluruh warga sekolah mulai guru, karyawan dan siswa. Senin, (14/01)

Upacara pada hari itu menjadi sedikit spesial, karena tidak seperti hari-hari biasanya, pada upacara kali ini di Spemma pas kebetulan kedatangan tamu dari Korea Selatan. Para siswa kelihatan heboh dan menyambutnya sangat antusias sekali.

Para siswa kelihatan senang sebab sekolah mereka di kunjungi oleh siswa-siswa dari negara yang terkenal dengan K-Popnya.

 

“Saya sangat senang sekali kedatangan tamu dari Korea, tadi juga sempat berfoto bersama dengan Song, Do Hyeong yang anaknya lucu. Beruntung sekali bisa berdialog dengan para siswa korea jadi bisa punya teman baru dari Korea.” Ujarnya

Pada saat upacara berjalan sekitar 1 jam yang di awali dengan mempersiapkan pasukan, pengibaran bendera, pembacaan undang-undang, pembacaan pancasila, sambutan kepala sekolah Mr Dra. Muslikhan, M.Ag dan yang terakhir dengan mengenalkan para siswa satu satu di depan peserta upacara.

Pada saat sambutan kepala sekolah Spemma menggunakan bahasa inggris agar bisa di pahami para siswa Korea Selatan tersebutt yang menuturkan

“Kegiatan pertukaran pelajar ini sudah berjalan dari tahun 2013 hingga sekarang tahun 2019. Tujuan diadakan kegiatan ini digunakan untuk saling belajar budaya dan pendidikan yang ada di Indonesia serta yang ada di Korea. Harapanya kedepan dengan di adakanya pertukaran pelajar ini kalian bisa mempunyai wawasan secara global sehingga mampu menghadapi globalisasi.” Ujar Mr Muslikhan didepan para siswa.

Berikut ini nama-nama siswa dari korea: Oh Juan, Choi Won Jin, Bang Si Yun, Song Do Hyeong, Yoo Dong Ho, Choi Seok Hun, Kim Do Hyeon,Bae Jeong Bin, Park Sung Jun, Im Hyo Min, Park Guen Han, Lee Jong Hyeon, Park Jung Kyun, Dan Kim Jun Seok. Dua guru bernama Hong Song Eek dan Ha Yun Gyu.

Anak-anak korea dengan nama diatas itu maju satu persatu memperkenalkan didepan para siswa.

Kemudian dilanjut dengan sambutan perwakilan dari Kim Do Hyeon.

“Selamat pagi, apa kabar? Salam kenal.” Ujarnya

Ucapan selamat pagi itu mendapat jawaban dari seluruh siswa Spemma

“Selamat pagi Juga, alhamdulillah baik, salam kenal kembali.” Saut para siswa spemma.

Setelah pengenalan siswa korea pada siswa Spemma itu selesai kemudian upacara di bubarkan. Acara selanjutnya di lanjut dengan materi pertukaran pelajar yaitu belajar tari tradisional glipang dan belajar membatik. (Choir)