Home Program Sekolah Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan Konseling di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (Spemma) merupakan proses bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah dan profesional yang diberikan oleh pembimbing kepada siswa. Hal ini diharapkan dapat membantu siswa-siswi agar dapat berkembang secara optimal. Dengan pembinaan dan pendampingan yang baik, maka mereka mampu memahami diri sendiri, mengarahkan diri, dan mengaktualisasikan diri sesuai dengan tahap perkembangan dan potensinya. Output Bimbingan dan Konseling ini adalah siswa-siswi dengan kepribadian yang dinamis dalam sosial, optimal dalam pencapaian intelektual, dan mantap secara spiritual.

Sebagai pelayanan yang terpadu dengan segenap pelayanan yang ada, penyelenggaraan Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Spemma sepenuhnya memperhatikan karakteristik, tujuan pendidikan, kurikulum, dan peserta didik. Sebagai pelayanan yang lengkap dan menyeluruh, Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Spemma mencakup bidang bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier.

Bidang Bimbingan Pribadi. Pelayanan bimbingan pribadi di Spemma bertujuan membantu peserta didik mengenal, menemukan, dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, mandiri serta sehat jasmani dan rohani.

Bidang Bimbingan Sosial. Pelayanan bimbingan sosial di Spemma bertujuan membantu peserta didik memahami diri dalam kaitannya dengan lingkungan dan etika pergaulan sosial yang dilandasi budi pekerti luhur dan tanggung jawab sosial.

Bidang Bimbingan Belajar. Pelayanan bimbingan belajar di Spemma` bertujuan membantu peserta didik mengenal, menumbuhkan dan mengembangkan diri, sikap dan kebiasaan belajar yang baik untuk mengusai pengetahuan dan ketrampilan, sesuai dengan program belajar di Spemma dalam rangka menyiapkan mereka untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi dan/atau berperan serta dalam kehidupan masyarakat.

Bidang Bimbingan Karier. Pelayanan bimbingan karier di Spemma ditujukan membantu peserta didik mengenal dan mengembangkan potensi diri melalui penguasaan pengetahuan dan keterampilan, memahami lingkungan pendidikan dan sektor pekerjaan sebagai lingkungan yang efektif, serta mengembangkan nilai-nilai dan sikap yang positif untuk mempersiapkan diri berperan serta dalam kehidupan masyarakat.

Pelayanan Bimbingan dan Konseling Spemma berfungsi dalam pencegahan, penyembuhan, perbaikan, pemeliharaan, dan pengembangan diri secara mantap dan berkelanjutan. Juga dalam penyelenggaraannya, berpegang teguh pada asas-asas bimbingan dan konseling, yaitu diantaranya ; kerahasiaan, kesukarelaan, keterbukaan, dan kekinian.