Home Berita warta Sekolah Ada Tes Baca Alquran Siswa Baru untuk Dibina Jadi Hafidh

SMP Muhammadiyah 5 (Spemma) Pucang Surabaya adakan tes baca Alquran terhadap siswa baru, Kamis (19/7/2018). Hasil tes untuk pembinaan siswa memperlancar bacaan dan pedalaman Alquran. Acara ini masih rangkaian kegiatan Forum Taaruf dan Orientasi Siswa (Fortasi).

Sembilan guru baca Alquran memberikan motivasi pada seluruh siswa mengenai cinta Alquran. Guru Ismuba Khusnun Niam mengatakan, hasil dari tes siswa dikelompokkan ke dalam tiga tingkatan. Belum lancar sama sekali, sedang, dan lancar.

 

”Siswa yang telah lancar membaca Alquran diarahkan pada program tahfidh. Harapannya, muncul bibit unggul yang dapat menghafal tiga juz,” ujarnya. ”Program baca Alquran telah terjadwal dalam kegiatan pembelajaran minimal satu kali dalam seminggu selama dua jam,” sambungnya.

Acara Fortasi ini ditinjau Sekretaris Bidang Pengkaderan IPM Havy dan Atta sebagai juri lomba acara ini. Berdua menanyakan seputar kegiatan Fortasi. Mulai perbedaan materi dari tahun sebelumnya dan cara anggota IPM menyikapi perilaku siswa baru.

Kriteria penilaian lomba Fortasi antar sekolah Muhammadiyah itu antara lain variasi kegiatan dan video Fortasi. Pengumuman lomba itu diumumkan akhir Juli 2018. (Firman)