Home Berita warta Sekolah Melatih kejujuran, SPEMMA Gelar UH Online

Jum’at (25/8) SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (spemma) menyelenggarakan  Ulangan Harian Online Bahasa Inggris di LAB CBT Spemma. Ulangan dilakukan di LAB CBT dengan memanfaatkan computer Lab selama ujian. UH Oline memudahkan dalam penyelenggaraan ulangan, remedial pun bisa dilaksanakan secara online juga, Siswa mengerjakan soal remedial dapat dilakukan di rumah masing-masing secara online.

 

 

Mulai tahun ajaran 2017-2018 ini, spemma memanfaatkan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran. Pembelajaran berbasis elektronik atau biasa dikenal dengan istilah e-learning spemma bisa diakses melalui portal http://www.learning.spemma.sch.id. Pembelajaran dengan sistem e-learning memberikan banyak manfaat bagi guru, siswa, dan sekolah; hemat kertas, hemat waktu, hemat tenaga, dan yang pasti siswa dituntut untuk mengerjakan soal secara mandiri dan jujur. Salah satu fitur portal e-learning tersebut adalah Ulangan Harian Online.

 

Dengan sistem Ulangan Harian (UH) Online, Guru tak perlu repot-repot mencetak lembaran kertas UH sebanyak jumlah siswa. Guru tinggal input soal di website saja. Ini sangat ramah lingkungan dan efisien. Menariknya dalam Sistem Ulangan Harian Online dengan soal pilihan ganda,  guru dapat mengatur soal dan pilihan jawaban agar muncul secara pilihan acak. Dengan pilihan acak maka setiap siswa akan berbeda-beda menerima urutan baik urutan nomor soal maupun pilihan jawaban. Butir soal nomor 1 pada siswa A akan berbeda dengan nomor 1 pada siswa B, hal ini akan sangat membantu guru mendorong siswa mengerjakan soal ulangan harian secara jujur.

 

“Sistem ujian online ii adalah salah satu fitur di portal e-learning spemma. Buat saya, portal ini sangat membantu sekali. Saya sudah melakukan ulangan harian online Bahasa Inggris sebanyak 3 kali pada kelas yang berbeda-beda minggu ini. Alhamdulillah lancar dan siswa juga sangat antusias” terang Rusdian Agustifani, guru Bahasa Inggris kelas 7.

 

Berbeda dari sistem Ulangan Harian konvensional berbasis kertas (paper test), guru diharuskan melakukan koreksi soal secara manual. Pekerjaan mengoreksi ini sangat menyita waktu dan tenaga. Namun dengan UH Online, koreksi manual tidak perlu dilakukan karena setelah siswa menekan tombol SELESAI secara otomatis sistem langsung mengoreksi dan merekap hasil tes siswa. Dengan ulangan sistem online ini, guru semakin punya banyak waktu untuk peningkatan kualitas diri karena sudah tidak lagi disibukkan dengan penggandaan soal, koreksi, dan merekap nilai.