Home Berita warta Sekolah Lomba Ketik Naskah Proklamasi Gunakan Mesin Ketik Manual

Siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dan para remaja lainnya termasuk “Generasi Gadget”, yang kehidupannya tidak lepas dari penggunaan pirati tehnologi. Remaja saat ini sangat fasih mengoperasikan layar sentuh pada smartphone dan tabletnya, juga mahir memainkan jarinya pada keybord laptop dan komputer. Tapi bisakah mereka menggunakan mesik ketik manual?

Guna mengukur sejauh mana remaja kita tahu dan bisa menggunakan mesin ketik manual, SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (Spemma) adakan lomba mengetik naskah Proklamasi mirip dengan aslinya. Seperti kita ketahui bersama bahwa nahkah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945 diketik menggunakan mesin ketik manual, yang merupakan piranti tehnologi yang ada saat itu.


Melalui lomba ini diharapkan siswa dapat menghayati betapa perumusan dan pengetikan naskah proklamasi tidak semudah tehnologi saat ini. Dulunya naskah proklamasi harus diketik manual kemudian diperbanyak menggunakan kertas sid atau diketik lagi berkali-kali, lalu naskah proklamasi kemerdekaan RI tersebut disebarluaskan ke seluruh wilayah Indonesia menginformasikan jika bangsa Indonesia telah merdeka dari penjajahan bangsa asing.