Home Berita warta Sekolah SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya Bebas Campak dan Rubbela

Rabu tanggal  9 agustus siswa siswi SMP muhammadiyah 5 Pucang Surabaya melakukan pelayanan imunisasi vaksin MR, pemberian vaksin MR ini diberikan kepada seluruh siswa siswi SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya,

imunisasi Vaksin MR ini dilakukan oleh DKK Surabaya bekerja sama dengan puskesmas pucang sewu dan juga dipantau langsung oleh perwakilan WHO Indonesia dan pimpinan daerah aisyah kota Surabaya.

 

 

Vaksin MR adalah kombinasi vaksin Campak/Measles (M) dan Rubella (R) untuk perlindungan terhadap kedua penyakit tersebut. Campak dan rubella merupakan jenis penyakit yang tidak dapat diobati (virus penyebab penyakit tidak dapat dibunuh), maka Imunisasi MR ini adalah pencegahan terbaik bagi keduanya,  imunisasi MR atau Campak dan Rubella diberikan untuk anak usia 9 bulan sampai anak usia 15 tahun , dan Sebanyak 590.921 anak di Surabaya yang berusia 9 bulan hingga 15 tahun akan dijadikan sasaran untuk pelaksanaan vaksin campak dan rubella.

 

Virus rubella ditularkan melalui jalur pernapasan dan bereplikasi di nasofaring dan kelenjar getah bening. Virus ini ditemukan di dalam darah lima sampai tujuh hari setelah infeksi dan menyebar ke seluruh tubuh.“Virus tersebut dapat menular melalui saluran napas yang dapat menyebabkan pasien terkena penyakit komplikasi berat, misalkan diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan hingga kematian”