Home Berita warta Sekolah Antisipasi Mata Capek dan Iritasi saat UNBK Sekolah Sediakan Juice dan Relaksasi Mata

Ujian Nasional (Unas) tahun 2017 dijalankan dalam dua pilihan, yakni berbasis kertas dan pencil (UNKP) dan berbasis komputer (UNBK). Khusus tahun ini hampir 65% sekolah SMA dan SMP seluruh Indonesia memilih format ujian berbasis komputer, termasuk di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya (spemma).

UNBK di spemma adalah kali kedua. Belajar dari pengalaman tahun pertama, maka pada UNBK 2017 sekolah telah mempersiapkan komputer, laptop, server dan jaringan komputer hingga ganset seukuran mobil telah terparkir di basment sekolah seminggu sebelum unas.

 

Tidak itu saja. Demi mendukung sukses UNBK 2017, sekolah pun menyediakan juice dan relaksasi untuk mata. Sebab, berdasarkan pengalaman tahun lalu banyak peserta UNBK yang tergangu konsentrasinya akibat mata lelah atau terserang radiasi layar komputer atau laptop.

Gejala mata lelah/capek dan iritasi biasanya terjadi pada pertengahan dan akhir pelaksanaan UNBK. Karenanya pada UNBK hari ketiga esok, Kamis (4/5/2017) sekolah menyediakan juice wortel dan tomat, yang dikenal sebagai buah yang kaya vitamin A dan paling baik untuk kesehatan mata.

Selain menyediakan juice wortel untuk peserta UNBK, sekolah juga menyediakan relaksasi khusus mata dengan cara unik dan sederhana. Tapi, langsung terasa manfaatnya dan mampu membuat mata kembali menjadi segar dan sehat. Relaksasi itu cukup dengan satu alat dan satu sentuhan bisa membuat mata langsung fresh. Yakni dengan menggunakan sendok dingin.

Caranya. Lebih dulu mencelupkan sedok besi/stenlis pada air es untuk beberapa lama sampai sendok menjadi cukup dingin. Lalu ambil dan tempelkan sendok pada katup mata dalam kondisi mata tertutup. Bisa dibayangkan bagaimana segar dan rileknya.

Menariknya lagi juice wortel dan relaksasi sendok dingin itu disediakan oleh siswa kelas 7 dan 8 spemma yang merupakan adik kelas dari peserta UNBK. Kegiatan tersebut sebagai bentuk simpatik atas perjuangan kakak kelas mereka dalam menghadapi UNBK 2017.

Saat relaksasi, peserta UNBK juga diingatkan untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan cara berkedip. Dengan berkedip secara alami bisa me-refresh mata kita. Sebab, terlalu lama di depan komputer atau laptop membuat orang berkedip lebih sedikit. Umumnya seseorang berkedip 18 kali semenit. Tapi saat orang menggunakan komputer hanya berkedip 9 kali semenit. akibatnya, mata jadi kering, lelah, gatal-gatal, dan terasa panas. Untuk itu butuh juice wortel dan relaksasi sendok dingin.